DISKUSI RINGAN TERKAIT METPEN KUANTI

DISKUSI RINGAN Mahasiswa : Bagaimana cara yang dilakukan oleh aliran positivisme ketika menemukan dua teori berbeda menjelaskan satu fenomena yang sama secara berbeda? Dosen : Perlu kita ketahui, bahwa aliran postivisme itu menekankan pada fenomena-fenomena objektif. Jika anda menemukan dua teori yang berbeda menjelaskan satu fenomena yang sama secara berbeda, maka kita harus melihat dari sesi mana teori itu tersebut menjelaskan suatu fenomena. Contoh : kalau anda mau makan, apa yang anda akan lakukan, teori pertama mengatakan, kamu harus masak nasi dengan magicom, atau masak pakai panci. Teori kedua mengatakan, kalau kamu mau makan, pergi ke warung makan beli nasi disana, atau kamu bawa pulang untuk dimakan dirumah. Kedua teori ini, menjelaskan satu fenomena yang sama “ anda mau makan karena lapar” tetapi untuk menghasilkan makanan anda melakukan secara berbeda. Apakah hasilnya sama?, iya, karena sama-sama dapat makan nasi. Anda makan nasi itu merupakan termasuk fenomena ...

Bentuk-Bentuk Instrumen,

Bentuk-Bentuk Instrumen, Prosedur Penyusunan Tes Uraian dan Tes Pilihan Ganda dan Pengembangannya

Menurut Nitko & Brookhart (2011, hal. 5) suatu tes didefinisikan sebagai suatu instrument atau prosedur sistematik untuk mengobservasi dan mendeskripsikan satu atau lebih karakteristik siswa dengan menggunakan skala numerik atau skema pengklasifikasian. Sedangkan menurut Ebel & Frisbie (1991, hal. 26) suatu tes adalah sekumpulan pertanyaan-pertanyaan yang memiliki jawaban benar, dimana peserta tes biasanya menjawabnya dengan lisan atau tulisan. Tujuan utama dari tes dan asesmen kelas adalah untuk mendapatkan kevalidan, reliabilitas, dan kebergunaan informasi yang menyangkut prestasi siswa. Hal ini membutuhkan penentuan dalam hal apakah yang dapat diukur dan kemudian mendefinisikan hal tersebut secara tepat sehingga tugas tersebut dapat dikonstruksi yang membutuhkan pengetahuan yang diharapkan, keterampilan, dan pemahaman dengan meminimalisir pengaruh yang tidak relevan atau keterampilan tambahan (Miller, Linn, & Gronlund, 2009, hal. 139). untuk lebih lengkap silahkan donwoad  bentuk instrument

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIFAT-SIFAR BANGUN DATAR

Problem Based Learning (PBL)

Daftar Istilah Teknis Kant